HOME/RUMAH

Rabu, 27 Desember 2017

Berburu E-Book Gratis



Oleh Rohyati Sofjan


DEMI memanfaatkan paket gratis internet unlimited selama 30 hari dari modem Smartfren PANTECH PX-500 EVDO Rev. A seharga 220 ribu rupiah yang baru dibeli, saya tergoda untuk menjelajahi sekian laman penyedia unduh e-book gratisan.
 Dari hasil pencarian di Google sampai AVG di Yahoo! ada beberapa situs e-book gratis yang barangkali bisa dijadikan acuan berdasarkan pengalaman saya setelah menjelajah selama berhari-hari dan menghabiskan sekian jam panteng di depan netbook, dengan waktu selancar yang berbeda-beda, bisa  pagi, siang, sore, malam, bahkan dini hari. Berbonus ratusan e-book yang berhasil diunduh.
Biasanya tempat teratas dalam mesin pencari bisa berubah-ubah posisinya, bergantung kata kunci mana yang diketik. Misal, “download e-book gratis” dalam posisi Google yang di urutan teratas bisa http://duniadownload.com  atau http://rajaebookgratis.wordpress.com.
Namun bukan berarti mereka yang terbaik. Ada situs lain yang dikelola dengan apik dan terstruktur yang dapat kita temui jika menambahkan ‘PDF’: http://anesularnaga.blogspot.com. Dalam format PDF atau EPUB dengan isi Full alias sampai tamat. Bisa diunduh dengan jasa Dropbox, 4shared atau Mediafire. Biasanya tak ada masalah kala mengunduhnya, namun Mediafire sangat membingungkan. Link-nya suka mati dengan alasan telah dihapus (delete). Itu pun terjadi di situs penyedia e-book lain.
Internet Download Manager (IDM) merupakan aplikasi yang mutlak harus kita miliki. Sebelumnya saya pernah terpaksa menghabiskan waktu dua jam kurang lebih demi mengunduh satu judul buku saja, sampai Ai Ghina Siti Mutmainah pelajar kelas 3 SMKN 6 Garut membagi aplikasi itu dari notebook-nya.
Lumayan sekarang paling lama satu jam unduh buku, itu jika terpaksa pakai Ziddu yang menyertakan file buku yang diunduh sebagai program, yang bikin ribet dan repot karena ada sertaan software tak diinginkan memaksa ikut.  Jadi jangan mencentang use download accelerato, lebih baik mendaftar dulu di Ziddu jika terpaksa unduh pakai media itu agar cepat dan tak usah ikut mengunduh program tak diinginkan.
Kalau ingin simpel dan cepat mengunduh, barangkali bisa coba http://downloadnovelgratis.com,  atau  http://dizonaebook.blogspot.com yang digawangi Burhanuddin Mihada sebagai Admin, prosesnya cepat karena sudah di-ZIP dengan Win RAR, bisa dalam hitungan menit bahkan detik bergantung kapasitas datanya. Yang menarik adalah disediakan dalam bentuk PDF, EPUB atau .exe (buku digital), DJVU (seperti di-scan dan lebih aman dari virus), PRC (untuk HP), MOBI (untuk PDA atau smartphone).
Adalah bijak selain menggunakan komputer di rumah yang dipasang internet, belajar pula dari situs tepercaya yang membahas komputer dan permasalahannya.  Namun berhati-hatilah terhadap virus yang sering ikut nebeng. Avast Antivirus lumayan efektif, sayang free-nya cuma sebentar. Sudah dua kali netbook saya rusak karena virus, semoga saja tak terulang lagi. Selamat berburu!***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan jejak persahabatan berupa komentar agar bisa menjalin relasi sebagai sesama blogger. Soalnya suka bingung, SILENT READER itu siapa saja, ya? :D