HOME/RUMAH

Minggu, 24 Desember 2017

Belajar dari Dunia Maya



Oleh Rohyati Sofjan


PENGETAHUAN bisa dipelajari di mana saja, bahkan oleh ibu rumah tangga yang tinggal di kampung sekalipun. Dengan gadget atau perangkat komputer sekaligus modem, maka bertebaranlah aneka informasi berharga. Suka masak, seni,  menulis, pustaka, prakarya, berkebun, kesehatan, info terkini, atau apa saja; semuanya ada di sana. Cek Google, Facebook (FB), atau yang lainnya maka berjubellah aneka informasi.
Akan tetapi,  alangkah bijaknya jika kita menyaring mana yang bermanfaat atau sia-sia, agar waktu tak mubazir dengan masalah baru yang ditimbulkan dunia maya. Perhatian untuk keluarga tetap yang utama.
Bergaul dalam jejaring sosial memang asyik. Daripada cuma untuk eksis doang dalam status tak jelas, alangkah bijaknya ikut group yang bermanfaat demi pengembangan diri. Belajar bersama orang lain dalam suatu komunitas sehaluan. Sering kali minat dan hobi yang sama menyatukan perbedaan isi kepala sampai strata sosial.
Dulu saya merasa desperate housewife, tak bisa ke mana-mana,  ruang lingkup pergaulan terbatas, ada yang tidak bisa dipenuhi dari lingkungan sekitar rumah. Tidak bahagia karena jalan di tempat. Namun berkat adanya modem, maka komputer bisa digunakan secara optimal. Saya merasa benar-benar kerja. Housewife yang tak terstigma monotonisme.
Bergaul di dunia maya untuk belajar. Beroleh banyak teman selain ilmu dan aneka informasi. Masuk group FB di Ibu-ibu Doyan Menulis, Komunitas Gemar Berkebun, Penulis dan Sastra (PEDAS), dan aneka group lainnya. Selain itu, saya bisa blogwalking, bertandang dan meninggalkan jejak komentar ke blog orang, belajar dari sekian persona yang berbagi ilmu dan kisah menakjubkan lainnya.
Betapa dunia maya menawarkan beragam pilihan untuk kita ambil segi positifnya. Asal bisa menyaring mana yang sampah atau berfaedah!***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan jejak persahabatan berupa komentar agar bisa menjalin relasi sebagai sesama blogger. Soalnya suka bingung, SILENT READER itu siapa saja, ya? :D