HOME/RUMAH

Kamis, 11 Januari 2018

Petualangan Penyu Kecil Mencari Ibu




Judul: The Adventure of a Little Turtle
Penulis: Endang Firdaus, Ade Wawa (Ilustrator)
Penerbit: 3M Media Karya

Ada yang tahu perbedaan antara penyu dan kura-kura? Nah, novel setebal 91 halaman ini akan mengisahkan petualangan Nyunyu, seekor penyu yang baru menetas dalam mencari induknya. Dikemas dalam bentuk fabel atau dongeng binatang yang bisa bicara, kita akan ikut hanyut dalam petualangan Nyunyu demi menemukan ibunya yang berada di Pulau Penyu.
Dalam perjalanannya, Nyunyu bertemu banyak kisah menegangkan sekaligus persahabatan. Ditemani Ikan Badut kesepian yang keluarganya telah ditangkap nelayan, dan Ikan Merah Kecil yang telah mereka selamatkan dari serangan ikan besar; mereka saling bahu-membahu menolong sesama ikan yang dijala manusia agar bisa lolos, bahkan menyelamatkan seorang manusia yang pingsan dihanyutkan badai.
Nyunyu dan kedua sahabatnya juga nyaris celaka akibat ada kapal tangker pembawa minyak yang karam dan menumpahkan minyaknya ke laut. Sedih banget deh, laut jadi tercemar dan banyak ikan berikut biota laut yang mati karenanya.
Lalu bagaimanakah akhir petualangan Nyunyu? Bisakah bertemu ibunya? Dan ibu Nyunyu ternyata Ratu yang memerintah rakyatnya di Pulau Penyu, sedangkan ayahnya telah lama ditangkap pemburu penyu. Dalam novel seru ini kita tak hanya diajarkan mengenai persahabatan, perjuangan para ikan, perilaku merusak manusia; ilustrasinya yang hitam putih bisa kita warnai untuk memperkaya imajinasi.***
Rohyati Sofjan, Limbangan, Garut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan jejak persahabatan berupa komentar agar bisa menjalin relasi sebagai sesama blogger. Soalnya suka bingung, SILENT READER itu siapa saja, ya? :D