HOME/RUMAH

Sabtu, 18 November 2017

Arti Lampu Power




INDIKATOR lampu yang menyala pada suatu alat atau perangkat elektrik menunjukkan apakah peralatan demikian masih berfungsi atau tidak, disebut lampu power/led. Dan jika peralatan tersebut sedang digunakan, nyala indikator sangat penting untuk memantau bahwa tak ada yang salah ketika dicolokkan ke stop kontak.
Pengisian baterai ponsel dengan kabel charger bisa kita pantau cukup dengan hanya melihat lampu indikator. Begitu pun penanak nasi dan perangkat rumah tangga lainnya.
Sebenarnya ada hal yang harus kita perhatikan benar dari lampu indikator, selain membantu untuk mengetahui berfungsi atau tidaknya suatu alat, sebagai pengingat agar hemat listrik!
Sudah cukup banyak rumah tangga yang membiarkan peralatan mereka dalam keadaan on alias menyala padahal tidak sedang dipakai. TV memang dimatikan namun kabelnya masih tercolok di stop kontak. Itu menyebabkan lampu indikator menyala. Kabel charger yang tidak sedang mengisi baterai ponsel pun dibiarkan tergantung begitu saja di stop kontak. Atau gulungan rol kabel/terminal masih tercolok dengan manisnya di stop kontak utama padahal tidak sedang dipakai.
Jika hal itu dilakukan terus menerus setiap harinya dalam sebulan, bisa jadi tagihan listrik akan membengkak atau harus isi ulang token listrik yang cepat habis. Kelihatannya sepele dan kecil, namun tahukah Anda bahwa hal kecil itu tak bisa dianggap sepele. Sedikit demi sedikit menjelma bukit, pemubaziran listrik kronis dari warga yang tidak tahu atau kurang peduli. Belum lagi peralatan tersebut kalau terus- menerus menerima hantaran listrik akan cepat aus dan rusak. Berhematlah meski untuk secercah kecil nyala lampu indikator!(*)
Cipeujeuh, 2 Maret 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan jejak persahabatan berupa komentar agar bisa menjalin relasi sebagai sesama blogger. Soalnya suka bingung, SILENT READER itu siapa saja, ya? :D