HOME/RUMAH

Sabtu, 26 Juli 2014

Dua Liebster Award, 22 Jawaban Berlipat, dan 11 Pertanyaan

Award dari Rosiy



SELALU ada hal baru dalam dunia blog, dan saya sebagai blogger pemula merasa tersanjung beroleh 2 Liebster Award dari dua orang teman sesama blogger yang baru dikenal dalam hitungan bulan, Muhammad FathurRosiy dari Galassia del Sogno pelajar SMK berusia 17 tahun asal Surabaya, dan MeykeSantoso dari Melted Javanese Sugar asal Ambarawa yang tengah merantau jadi guru bahasa Inggris ke Jakarta.
Ya, blog saya http://rohyatisofjan.blogspot.com yang berjudul IKAN KECIL MERENANGI SAMUDRA LUAS sendiri masih berumur bulanan, sejak Desember 2013. Dan Juli ini saya berusaha menulis tanggapan atas Liebster Award yang mereka percayakan.
Sebelumnya, terima kasih untuk Rosiy dan Meyke karena telah memberi award Liebster dengan bentuk dan warna yang berbeda. Rasanya saya jadi kian bersemangat nge-blog. Merasa disayang dan layak dijadikan teman sepergaulan. Entah mengapa ada award bernama Liebster, saya belum menelusurinya lebih lanjut. Dan mengapa pula harus dalam bahasa Jerman? Liebster artinya sayang.
Baiklah, karena saya diminta untuk mengucapkan terima kasih pada si pemberi dengan menautkan link blog mereka berikut beberapa patah kata sekapur sirihnya, plus menceritakan 11 hal tentang diri saya (yang sudah tentu tidak gampang menjabarkan diri ini, hehe), kemudian menjawab masing-masing dari 11 pertanyaan. Pada akhirnya saya harus mengajukan 11 pertanyaan pada 11 orang “korban” yang layak saya sayangi. Inilah inti Liebster Award yang bergulir dari seorang blogger ke blogger lain. Bagaimana menjalin ikatan silaturahmi pada sesama dengan saling mengenal setelah sering saling blogwalking. Blogwalking yang bermanfaat tentunya dengan meninggalkan jejak yang mendalam dalam setiap komentar atas hasil posting-an.
Terima kasih Rosiy dan Meyke! Kalian istimewa. *Peluk hangat satu-satu.

11 hal tentang saya:
Baiklah, saya kesulitan menjabarkan diri karena sebagai insan yang sering berbuat khilaf, saya tak yakin adakah hal menarik dari diri sendiri untuk dibagikan pada orang lain.
1.       Seorang ibu rumah tangga cum penulis lepas amatiran yang tengah berjuang dalam setiap sendi-sendi kehidupan.
2.       Punya seorang anak balita bernama Palung Jiwa Muttaqin Pratama (4,8 tahun), hasil perkawinan dengan seorang lelaki sederhana yang sehari-hari kerja sebagai buruh tani atau kuli serabutan yang tak suka membaca dan tahunya kerja cari nafkah saja.
3.       Memiliki sejarah kehidupan yang getir namun mencoba untuk selalu bangkit meski kerap tersungkur.
4.       Bahagia menekuni dunia literasi karena bisa membebaskannya dari depresi. Membuatnya bisa mengaktualisasikan diri dalam relasi antarsesama dengan silaturahmi.
5.       Bermimpi suatu saat kelak bisa melakukan perjalanan keliling nusantara bareng anak dan suami untuk diabadikan dalam blog atau dibukukan.
6.       Gemar mengoleksi resep masakan dan tertarik pada ragam kuliner mana saja namun sulit mempraktikkannya karena ketiadaan alat tempur di dapur.
7.       Suka baca puisi namun sulit menulis puisi. Suka baca fiksi namun tak punya ambisi untuk menulis novel.
8.       Kedua telinganya tak berfungsi sejak usia sekira 6 tahun kurang lebih.
9.       Selain membaca, hal yang bisa membuatnya senang adalah menonton film dan main aneka game yang tersimpan di netbook Acer Aspire One-nya.
10.   Pencinta bahasa Indonesia yang sangat peduli pada kaidah kebahasaan berikut EYD.
11.   Senang ikut kuis, giveaway sampai lomba blog. Ada sensasi tersendiri kala berhasil menuntaskan tugas atau jawaban meski soal kalah-menang bisa menyusul belakangan. Ada adrenalin dalam hal tersebut. Berpacu dengan waktu kala diburu DL sambil mengumpulkan bahan sana-sini sekaligus mengasah imaji; lalu harap-harap cemas, plus hasil akhir berupa kalah atau menang, dapat hadiah atau bertangan hampa.

Menjawab pertanyaan Rosiy:
1.       Sebutkan lima kata yang menggambarkan blog kalian seperti apa? Tempat menyimpan dokumentasi karya pribadi.
2.       Negara mana yang sangat ingin kalian kunjungi dan apa alasannya? Nepal dengan panorama alam yang pernah dituturkan Seno Gumira Ajidarma; Maroko dengan kuliner khas dan kisah yang dituturkan Fatima Mernissi lewat memoar Teras Terlarang; Mekah berharap bisa beribadah di sana, menapaktilasi perjalanan Nabi Muhammad Saw.
3.       Jika di dunia hanya terdapat satu makanan saja yang dikonsumsi, menurut kalian makanan apa itu? Dan apa alasannya? Madu, obat mujarobat bagi kehidupan, sumber energi yang dihasilkan lebah pekerja dari tepung sari bunga. Karena khasiat madu dan keutamaan lebah  tercantum dalam surat An Nahl.
4.       Jika diberi kesempatan ke masa lalu, kalian ingin diberi kesempatan apa? Saat bapak masih sehat dan belum wafat, ada banyak hal yang belum saya perbuat.
5.       Konser apa yang sangat ingin kalian datangi? Yang akan disukai anak dan suami, saya mah sekadar penggembira saja. Biarkan mereka menikmati musik agar merasakan syukur atas panca indra yang masih lengkap.
6.       Artis luar negeri favorit kalian siapa? Dan apa alasannya? Dulu kala masih lajang pernah tergila-gila pada sekian aktor tampan. Tapi kalau sekarang, menilik dari kualitas akting dan personalisasi, saya suka Sean Penn meski ia bukan dikategorikan favorit karena unsur tampan kala lajang, kualitas aktingnya mengagumkan dalam film “I’am Sam”. Saya berharap Palung pun kelak merasa bahwa film itu ditujukan untuk kami.
7.       Lebih suka aliran musik apa? Dan apa alasannya? Karena telinga tak berfungsi, sukanya musik alam seperti desau angin, goyang pohonan, guguran dedaunan, rintik hujan, deburan ombak, dan aliran air.
8.       Jika diberi kesempatan hidup dua kali, apa yang ingin kalian lakukan? Memperbaiki kualitas diri agar hal-hal yang pernah disesali tak terulang lagi.
9.       Nama panggilan khusus kalian apa? Run dari Gurun.
10.   Mimpi terbesar kalian yang sampai sekarang belum tercapai apa? Perjalanan ke berbagai tujuan.?
11.   Usaha apa yang kalian tempuh untuk menebus mimpi di jawaban poin 10? Terus menulis dan membaca agar semua terwujud, sebab dua hal tersebut sanggup menjadikan hal mustahil menjadi mungkin.
Demikianlah dari Rosiy yang berpesan agar penghargaan tersebut tidak terputus pada dirinya. Ada amanah agar jaringan silaturahmi bisa tetap terjaga dengan baik. Sebab, seorang blogger selalu butuh rekan seperjuangan.

Menjawab pertanyaan Meyke:
1.       Sebutkan hal terpenting dalam hidupmu? Kebersamaan dalam keluarga, kehangatan dalam persahabatan, kerukunan dalam pergaulan, kepedulian dalam berbagai keadaan.
2.       Sebutkan 3 cita-cita/wishes yang paling ingin kamu raih? Punya rumah sendiri bareng anak dan suami di tanah hak milik sendiri atas hasil keringat sendiri; bisa keliling beragam tempat yang dulunya cuma dalam pembayangan khayali; hidup rukun dan harmonis dengan keluarga secara bahagia.
3.       Kalau semisal kalian bisa bertukar nyawa nih sama artis, kamu mau jadi artis siapa? Ehm, tukaran nyawa? Apa bisa? Hehe, gak pengen jadi artis. Makasih.
4.       Nge-blog buat apa cuyyy?! Buat beragam tujuan yang butuh penjelasan dalam satu postingan panjang. Kayak di sini, di sana.
5.       Barang apa yang lagi kamu pingin bingit? Netbook baru karena Aa Acer ini sedang sakit, kalau gak dapat, semoga bisa menangin hadiah tablet atau ponsel pintar (smartphone).
6.       Kalau kalian bisa dikasih traveling gratis, kalian mau pergi ke mana? Kalau travelingnya di dalam negeri, pengen ke Wonosobo dulu pada bulan Agustus untuk lihat festival balon udara berikut menjelajah berbagai tempat wisata yang asyik dan menakjubkan di Kabupaten Wonosobo. Kalau di luar negeri, pengen ke Maroko dulu karena Palung masih kecil.
7.       Untuk kalian yang kenal aku lewat tulisan, sebutkan 3 hal yang mendeskripsikan personality-ku berdasarkan blog aku! Ramai, hangat, periang!
8.       Untuk yang kenal aku, sebutkan satu saja postingan yang paling kalian suka! Tentang acara keliling Jakarta yang seru-seru ngenes bareng sahabat terbaik di sini dan sambungannya.
9.       Apa harapan kalian sebagai seorang blogger? Bisa tetap menulis dan beroleh tambahan pengalaman, persahabatan, dan penghasilan.
10.   Hal apa yang paling kalian benci? Fitnah, ghibah, riya, dan riba.
11.   Cinta itu apa uhuk! Cinta itu akan kau rasakan dan temukan kesejatiannya kala telah mengarungi ikatan halal dengan seseorang.
Panjang juga tulisan ini, habis dapat dua Liebster Award, sih. Ada rasa asyik kala menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Makasih Rosiy dan Meyke, kalian insan cerdas yang kritis sekaligus positive thinking!
Akan tetapi, bingung juga kala harus ajuin pertanyaan berikut menyusun daftar yang layak disayang. Mereka yang hadir dalam pergaulan dunia blogging ini adalah insan-insan hebat dengan cara tersendiri. Selalu ada hal baru yang menarik untuk dipelajari. Kisah-kisah menawan yang dibagi, perjalanan hidup dan pandangan luar biasa yang sebelumnya tak terpikirkan. Dan saya harap semoga mereka berkenan untuk melanjutkan Liebster Award ini agar tak terputus begitu saja. Sejauh mana kita mengenal orang-orang?

Sudikah menjawab 11 hal ini?
1.       Apa arti perjalanan hidup bagi Anda?
2.       Bagaimanakah cara mendapat kesejatian?
3.       Jika rumah bukan sekadar tempat singgah, rumah macam apakah yang diinginkan?
4.       Buku dan film apa yang paling menarik untuk dibaca dan ditonton?
5.       Deskripsikan tentang hujan!
6.       Pernahkah patah hati, dengan cara apa mengatasi?
7.       Ceritakan tentang kota asal.
8.       Suka game, jika iya mana yang paling disuka?
9.       Sejak kapan nge-blog?
10.   Dengan cara bagaimana Anda mengenal saya?
11.   Ceritakan sisi diri saya dari blog ini.

11 insan pilihan sebagai yang tersayang:
1.       Nurul S. Huda > http://hudasanca.blogspot.com
3.       Arifah Abdul Majid > http://rumahjurnalku.blogspot.com
4.       Lia Caem > http://catatanjulian.blogspot.com
5.       Rizqy Maulana H > http://maulanaforu.blogspot.com
6.       Ruthadaning Inayaa > http://nyareinfo.blogspot.com
7.       Sopyan Nurcahyana > http://diaryalerga.com
8.       Gunawan Efendi > http://goresan-gunawan.blogspot.com
9.       Dede Ruslan > http://catatanruslan.blogspot.com
10.   Junaidi Khab > http://junaidikhab.wordpress.com
11.   Evi Sri Rezeki > http://myfairytalemytale.blogspot.com
Demikianlah, harapan saya semoga ada yang berkenan dan melanjutkan pada siapa yang dirasa layak untuk beroleh Liebster Award ini. Sebagai apresiasi atas jalinan silaturahmi antara blogger. Sebab, kita sebagai penulis yang menjadikan blog sebagai media ekspresi karya tentu berharap tidak sendiri dalam mengarungi aras kehidupan ini.
Ada banyak hal yang ditawarkan dunia blog. Tinggal bagaimanakah kita menyikapinya.
Terima kasih banyak, saya hanya seorang perantara, sebagaimana Rosiy juga.
Salam hangat dari Ikan Kecil Mengarungi Samudra Luas….

Limbangan, Garut, 25 Juli 2014


13 komentar:

  1. Wihiwww... kenaakk dehhh.. heuheuheuuu.. baru tau kalo ada liebster2an kayak begini beberapa tahun lalu, meskipun gak paham banget maksudnya apaan. *dan mungkin sampe sekarang. *plak! yamaklum... hihi. Tapi sempet liat2 blog beberapa minggu lalu yang isinya seperti ini *jadi sedikit ngerti* dan, gak pernah nyangka bisa kebagian juga.
    Makasi ya Mbak, sudah memilihh akuuuhh. moga bisa jawab. :v hihihi
    Semoga bisa jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaannya gampang, kok. *Berasa maksa, hehe.
      Iya, kepikiran siapa yang harus dapat tanda sayang ini. Ipud terpilih agar kian semangat saja. Semangat, ya, Say. *Kedip-kedip.

      Hapus
  2. Dapat awards hati bahagia
    Sampai dalam hati
    Maaf saya sengaja menyapa
    Bawa salam idul fitri

    BalasHapus
  3. mampir untuk mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 sob :) mohon maaf lahir dan bathin tentuna kalo ada salah salah komentar mohon dimaafkan :d

    semoga rencana awardnya berjalan lancar :)

    BalasHapus
  4. cuma mau ngucaipin selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  5. selamat atas perolehan awardnya....selamat lebaran..mohon maaf lahir batin,
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  6. walaupun blm jadi emak2,
    saya juga suka mencoba resep masakan seperti mak rohyati :-D
    oya minal aidin wal faizin ya mak
    selamat lebara
    maafkan segala khilaf yang muncul dari tarian jemari :-D

    BalasHapus
  7. eeh ada aku disitu, makaasih banyaaak yaaa , terharu nih *nangis seember* :p

    BalasHapus
  8. Ambil daun jalin ketupat, ketupat dijalin daun kelapa,
    andai jari tak dapat berjabat, tapi kata masih bisa berucap
    10 jari tersusun rapi, melati pengharum hati pengganti diri,


    Taqobbal Allahu minna wa minkum
    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1435 H
    Minal aidin walfaidzin,
    Maaf lahir & bathin …

    BalasHapus
  9. Wah, aku dapat ya mak? Makasi banyak. Tapi aq masi bingung caranya, maklum newbie^^

    BalasHapus
  10. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/eQV9d3 | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/CI4bLf | http://bit.ly/1IAMpsv | http://goo.gl/lNMX3D | http://bit.ly/1NM7v7j | http://bit.ly/1VxDjyt | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://bit.ly/1VxDjyt | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b | http://goo.gl/5dAkJO | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1IAMpsv

    Berita Menarik
    Prediksi Bola
    Kumpulan Berita Menarik
    Kumpulan Berita Campuran
    Bandar Bola
    Agen Bola
    Agen Casino
    Agen Bola Terpercaya
    Main Dominoqq
    Agen Poker
    Bandar Ceme
    Agen Capsa
    Agen Poker Terpercaya

    Terimakasih admin..
    salam kenal :)

    BalasHapus
  11. your post is so impress with many special imformation many thanks for you, whish you success and having many people follow your blog

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan jejak persahabatan berupa komentar agar bisa menjalin relasi sebagai sesama blogger. Soalnya suka bingung, SILENT READER itu siapa saja, ya? :D