HOME/RUMAH

Minggu, 06 Juli 2014

Agar Tak Ada Robot Verifikasi dalam Kolom Komentar Blog Kita


Blogwalking yang menyenangkan adalah jika kita leluasa meninggalkan jejak dengan menulis komentar tanpa hambatan. Kolom komentar langsung tersedia di bawahnya tanpa perlu kita klik dulu agar ada. Kolom semacam yang otomatis sudah tersedia termasuk ramah bagi pengguna internet dengan jaringan lelet atau jatah kuota pas-pasan.
Saya termasuk orang yang berusaha bela-belain isi komen kalau bisa, dan kalau tak terganggu oleh sinyal modem Smartfren yang mendadak dormand (mendatar) atau trafiknya nol-naik-nol-naik. Apalagi Aa Acer sering kumat hang-nya karena bekas kerusakan yang ditimbulkan Pal dan saya termasuk parah.
Jadi kecewa kalau blog yang saya buka ternyata termasuk berat dan sulit diakses. Penambahan berbagai widget sebagai pemanis di sidebar, atau di atas dan bawah halaman postingan sebaiknya dipilih mana yang benar-benar penting. Biasanya gambar bergerak, musik, video, atau foto-foto lainnya dengan ukuran besar malah memperlama proses loading alias terbukanya suatu blog. Dan itu mengesalkan calon pengunjung dengan kemampuan internet yang megap-megap, entah karena jatah kuota hampir sekarat atau mengakses di daerah yang lumayan terpencil.
Yang bikin kesal adalah, sudah terbuka dan ingin mengomentari postingan, tapi malah gagal menemu bagian bawah untuk kolom komentar karena dalam postingan itu menjejalkan terlalu banyak foto. Ukuran besar-besar pula. Dan ketika mencoba mulai ulang proses pembukaan dari awal (saking tak sabarnya sebab sudah menitan), hasilnya tetap sama.
Jadi, sebaiknya bagi blogger yang ingin pajang banyak foto, dibagi dalam postingan bersambung sampai tamat saja, deh agar pengunjung tak kabur atau sebal karena kebetulan sangat ingin berkomentar malah tak kesampaian. Ihik-ihik. *Nangis bombai sampai banjir bandang dan menghanyutkan perkampungan. :v
Dan bagaimana dengan kolom komentar yang telah disetel agar verifikasi otomatis dengan sederet kode captcha atau angka?
Ternyata banyak yang tidak menyadarinya karena tidak merasa mengatur kerumitan itu agar tampil, termasuk saya, hehe. Itu sudah otomatis ada dari blogspot sebagai pengaman antispam. Untuk memastikan ada atau tidaknya verifikasi demikian, sebagiknya coba keluar (logout) dulu dari gmail. Lalu masuk blog kita dan coba isi komen. Kalau ternyata ada jendela verifikasi seusai mengeklik tambahkan komentar, berarti harus ngapain?
Jangan panik, saya mau bagi-bagi panduan yang didapat dari saran teman sekeluarga Blogger Energy. Lia Caem. Doi bilang agar saya buka setelan lalu kjlik pos dan komentar, setelah itu nonaktifkan verifikasi kata agar tak tampil dengan mengeklik TIDAK.
Untuk lebih jelasnya, mari ikuti langkah-langkah saya berikut ini dengan bantuan screenshot agar memudahkan panduan.
1.      Buka blogger.com atas nama kita, hingga muncul jendela seperti ini. Buka bagian yang diapit IKHTISAR dan LIHAT BLOG. Lalu akan tampil pilihan. Klik SETELAN.

2.      Selanjutnya akan muncul jendela seperti ini, kita klik di bagian kiri layar berupa SETELAN > DASAR. Klik bagian bawahnya berupa POS DAN KOMENTAR.


3.      Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini: SETELAN > POS DAN KOMENTAR. Kita perhatikan bagian mukanya, baca baik-baik  dan geser ke bawah hingga pada bagian VERIFIKASI KATA. Bagi blog yang telah diseting dengan verifikasi kata secara otomotis oleh blogspot, ubahsuai dari YA jadi TIDAK.

4.      Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa kita telah mengubah tampilan. Coba keluar dari gmail dan tes kolom komentar di blog kita apakah masih ada verifikasi atau tidak lagi.
Selamat mencoba, semoga panduan sederhana ini mudah dipahami. Untuk hal-hal yang kurang jelas, sila bertanya di kolom komentar bawah.
Terima kasih banyak.
Oh ya, masalah tampilan blog memang agak ribet. Jika kita terpaksa pajang banner karena syarat keanggotaan, ikut lomba, atau sekadar promosi tertentu, atau bahkan foto-foto sampai widget lainnya; harus sedikit tega melakukan pembuangan, hiks. Dan saya yang sedang ikut lomba plus promo produk jadi kelimpungan. Takut memberatkan loading.***
Limbangan, Garut, 6 Juli 2014

#Tutorial #Blog #MenghilangkanVerifikasiKomentar






26 komentar:

  1. Ia bner bgt, pling sbel deh klo gtu. apa lagi klo captcha nya blank image. Haduhh, hayang nakol da -_-

    Mkasih teh atas sarannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maulana sudah menerapkan dengan cara pemeriksaan poada blog sendiri?
      Semoga membantu. Sawangsulna.

      Hapus
  2. Woww ... mbk RS cangkihh lhoo ... sayang saya gaptek tetap gak mudeng2 ... apalagi baru 1 bulanan ini ngeblog lagi setelah hiatus 4tahunan. Padahal saya ngeblog ini pake laptop 10inch + monitor samsung 20 inch + speedy (Jakarta lagi) ... masih saja ada lemot dikit2 .... salut sama mbk RS yang selalu 'Update ilmu internetnya ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abang ada aja. Padahal saya cuma terpaksa belajar agar tak gaptek. :) Biasa kok, Bang. Masih banyak yang lebih jago. Lagian saya belum bisa macam-macamin blog.
      Abang jangan hiatus lagi, ya....

      Hapus
  3. dulu pertama nge blog masih belum tau kalo di setiap mau komen selalu ada robotnya.. hehe.. sekarang udah engga ada kok mbak.. jadi lebih mudah dikasih komen :)

    postingannya membantu sekali nih mbak buat yang masih baru nge blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Isna, sampai peringatan teamn BE di group pun kirain bukan untuk saya saking gapteknya. Dan Mas Bayu A Buna, yang mungkin dongkol, sempat ngakak kala Lia Caem ngasi tahu saya. Hihi, konyol.

      Hapus
  4. pernah ngalami gitu juga mak,,alhamdulillah bisa diatasi skrang,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sempat jadi blogger polos, Mak. Mana tahu dikasih paketan ribet. Mending paketan gratis internet sama google, hehe.

      Hapus
  5. Ini aku banget mabk,blog aku pertamanya dulu penuh widget, sampe aku sadar bahwa itu mengganggu buat para pembanca. Jadinya sekarang aku insyafff buat menggunakan widget sesuai kepentingan dan yang perlu hehehe. dan Double posting yg memberartkan buat pembaca membuka blog saku, sayangnya aku belum bisa ngebenerinnya huhu.
    Btw makasii ya mbak buat tutorial ini ya, buat yang pemula sangat membantu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bermanfaat. Semoga saja masalah postingan ganda bisa diatasi. Ada teman yang pernah ngalamin itu. Ipud Cantik kita. Gak tahu gimana cara doi ngatasinnya, yang jelas blognya gak error lagi. Coba temanan saja sama Ipud.

      Hapus
  6. Hehehehe iya mbak Sof, emang sebel banget kalo komentar ada kata verivikasi nya, males banget buat ngisi nya, nggak langsung publish aja yak. Gue pernah ngalamin sering banget kayak gitu waktu blogwalking di web, atau blo-blog lokal lainnya. Ehh mau komentar ada verifikasi nya. ya udahh males aja lah.

    Nahh akhir nya mbak bikin tutor nya tu. Bagi kalian semua yang belum coba, atau di blog nya komentar tentunya, kalo masih nada kata verifikasi nya di ilangin aja biar enak buat BW.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bikin sakit mata adalah capcai huruf, bikin mata belekan. Hehe, Captcha dipelesetin.
      Makasih wanti-wanti bagi pembacanya, Bib. Semoga saja banyak yang berkunjung ke blog ini. Aamiin.

      Hapus
  7. Hmm, ini sebenarnya yang menjadi masalah diblogku kakak..Comentbox ku yang kemaren pake captha , sangat ga enak banget makanya untuk sementara waktu pake comentbox FB...

    Thanks tipsnya ya kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa tidak bisa diatur ulang sesuai panduan yang kuberikan, Jhon? 'Kan tinggal klik gambar di atas agar bisa diperbesar dan jelas caranya.

      Hapus
  8. Makasih ya buat postingannya, bermanfaat banget ini :D

    BalasHapus
  9. makasih tipsnya ibuu :)
    walaupun dari awal gak pernah pake capcai sih :D

    BalasHapus
  10. nah iya bener tuh. yang bikin loading blog berat itu ya sidebar sidebar nggak penting. apa lagi lagu -_- kan nggak semua orang suka lagu yang dia suka

    tipsnya keren. lengkap dengan screenshotnya lagi. bagus banget untuk yang belum ngerti kayak beginian..

    BalasHapus
  11. wahhhh seandainya mak ini dijadikan reviewer tampilan blog manteb banget kali ya? detail banget....

    BalasHapus
  12. ooh tutorial ngilangin captcha ya ? gue udah mbak, udah lama malah :p hoho

    BalasHapus
  13. teh rohyati, aku baru visitback nih :)
    btw blognya teteh udah aku follow, kalau mau, silakan follow punya aku juga hehehe :)

    komen perdana nih, bermanfaat banget postingannya!

    BalasHapus
  14. teteh, hatur nuhun tutorialna, siap dilaksanakeun!
    captcha itu ibarat penghalang yang ada di depan ketika kita ingin berlari

    BalasHapus
  15. Oh iya tuh.....aku baru ingat dulu memang aku mengatur kolom moderasi komentar seperti itu, tujuannya agar komentar yang terkait dengan isi tulisan saja yang aku publish... Soalnya aku pernah punya pengalaman tak enak saat ada blogger yang ngasih koment diluar konteks tulisan, dia komen tentang promosi jualannya...bahkan ada yang jual menawaran togel segala... So, aku mau tanya nih ...seandainya aku hilangkan verifikasi robot captcha apakah secara otomatis orang yang ngasih komen itu akan langsung terbit komentarnya di kolom komentar kita?

    BalasHapus
  16. Menghadapi komentator kayak gitu emang sulit, Mak. Barangkali langkah yang baik adalah memoderasi dulu dan tanpa verifikasi. Jadi komen yang masuk bisa dipilah. Soal apakah dengan menghilangkan verifikasi maak komen spam akan otomatis nongol lagi, saya tidak tahu karena tak punya pengalaman dengan spammer. Paling cuma ada beberapa lalu langsung hapus saja. Inilah sulitnya jadi seorang blogger, ada blogger yang tak punya tanggung jawab dalam mengomeni, ngasi spam atau link jualan apa. Tidak adakah rasa malu?

    BalasHapus
  17. ya gan pake moderasi kadang bikin malas orang tuk komen di blog kita

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan jejak persahabatan berupa komentar agar bisa menjalin relasi sebagai sesama blogger. Soalnya suka bingung, SILENT READER itu siapa saja, ya? :D