Minggu, 22 Juni 2014

Pasang Toolbar Alexa untuk Firefox Lagi



Pasang Toolbar Alexa untuk Firefox Lagi


PERAMBAN Firefox saya bermasalah. Gara-gara salah seting yang tak disengaja. Plus saya sedang error kala menghadapi sinyal lemot jadi asal tekan. Maka uninstall dan install ulanglah jalan keluarnya. Kebetulan saya menyimpan aplikasi untuk itu. Dua versi yang sudah di-Zip untuk di-setup berupa Firefox versi 8.0.1 dari Ai anak teman saya, dan 24.0. dari Pak Guru Agus yang pernah memperbaiki Aa Acer Aspire One Pro yang sempat rusak parah alias mati total setelah disiram air oleh Pal. Saya pakai versi terakhir dari Pak Agus meski sekarang bukan yang terbaru lagi.

Akan tetapi, efek pasang baru tersebut rupanya menghapus Toolbar Alexa dari peramban Firefox yang baru di-install. Padahal penting banget memasang toolbar tersebut untuk merampingkan traffic rank Alexa di blog saya.

Bulan April lalu, peringkat Alexa saya kisaran 1 juta 200 ribu lebih. Sempat puasa nge-net selama 34 hari karena di kampung tak ada yang jual pulsa untuk isi modem Smartfren. Dan kala melongok blog di bulan Juni ini, argh, peringkat saya anjlok parah, sampai 1 juta 800 ribu lebih! Esoknya malah lebih parah lagi gara-gara ketiadaan toolbar Alexa di peramban Firefox, jadi 1 juta 900 ribu lebih!

Mau pasang malah lupa caranya. Lupa dapat dari blog mana untuk panduannya. Sudah lama, sih. Maka terpaksalah meluangkan waktu untuk mencari ulang.

Setelah menjelajah di Google, akhirnya saya baca tutorial dari http://www.seocips.com/2013/12/cara-memasang-alexa-toolbar-mozilla.html. Langkah-langkahnya kelihatan gampang.

1.       Diminta memasuki alamat Alexa Toolbar. Tinggal klik lalu masuk halaman http://www.alexa.com/toolbar

2.       Klik tombol install Alexa Toolbar yang di sebelah kanan layar dan berwarna hijau.


3.       Diminta klik tombol Accept and Install.


4.       Lalu tekan tombol Allow. (Yang ada di peramban saya cuma jendela pop-up untuk pasang pengaya yang dipercaya.)

5.       Setelah proses pengunduhan selesai, klik tombol install. (Yang ada saya diminta klik bagian kiri yang menyala dan menggambarkan pengaya.)

6.       Setelah proses install yang cuma sebentar selesai, diminta melakukan restart komputer. (Saya enggak restart, yang ada cuma mulai ulang Firefox untuk Alexa.)


7.       “Setelah proses install selesai akan ada laman: The Alexa Toolbar for Firefox - Demographic Information, silahkan sobat klik tombol No Thank.” Gitu, kata admin seocips. Tak tahu apa fungsi mengisi informasi demografi. Ya, ikuti saja panduannya.

8.       Kata Admin, “Setelah itu akan muncul halaman lagi yang berisikan: Alexa Toolbar - Installation Successful! The Alexa toolbar is now installed in your browser and should look like this. Lalu muncul pemberitahuan yang tinggal kita klik OK. Tapi hasil penerapan saya kemarin enggak gitu. Perubahan format, ‘kali. 

9.       Selesai saja, gitu.

Gampang, ‘kan? 
(Lalu nanti akan muncul jendela pop-up tentang tambahan untuk toolbar. Pilih mana suka. Asal jangan jadikan Alexa sebagai peramban utama jika tak ingin.)


Busyet, deh, di www.seocips.com emang blog pakar SEO. Trafik rank Alexa-nya sedunia sudah 48.486 dan se-Indonesia 643. Isinya panduan banget!

Yah, meski kemarin saya baru berkunjung, terasa manfaatnya. Senang karena tidak tersesat kala melakukan sesuatu. Dan yang lebih penting lagi saya harap bisa merampingkan ulang peringkat Alexa.

Oh ya, saya juga pasang Add Toolbar Buttons bawaan Alexa di peramban Firefox. Tak tahu fungsinya untuk apa saja. Apakah kian merampingkan peringkat Alexa blog saya atau malah menambah berat kapasitas mesin pencari alias bikin lola?


Ada teman-teman yang bisa menanggapi soal itu?

Terima kasih banyak. Happy blogwalking! :)***


Limbangan, Garut, 22 Juni 2014

*Selesai juga setelah Pal bobo siang karena kecapaian main bareng teman-temannya dengan cara memberantakkan rumah.
*Setelah diedit ulang untuk menambahkan foto, ternyata trafik saya anjlok berat jadi 2 juta lebih. Peringatan agar serius menulis dan isi blog. (26 Juni 2014)
#PasangToolbarAlexa

32 komentar:

  1. Eh komen saya tadi masuk, gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh tidak masuk rupanya .. duh tadi itu bilang apa ya ....


      Oya .. alhamdulillah ya Mak, peringkat Alexanya turun lagi. Saya tidak begitu memperhatikan soal Alexa krn sy ngeblognya mengalir saja Mak.

      Hapus
    2. Mak Mugniar, maaf atas ketidaknyamanan ini kalau blog saya jadi berat dengan banyak tampilan kayak foto yang jadi widget. Sebagian sudah dihapus agar ringan. Tapi belum desain blog, nih. Bingung caranya. :)
      Saya lihat justru di blog Mak Mugniar peringkat Alexanya lebih ramping. :)
      Di toolbar saya sudah 1.913.370. Parah banget, haha.

      Hapus
    3. Komen enggak dimoderasi, kok. Langsung akan muncul. Mungkin jaringan sedang error. Terima kasih sudah mampir. :)

      Hapus
  2. oh,, baru tau gue... tadinya gue kepo apa Alexa toolbar.. tapi setelah nanya ke om google ,, kekepoan gue berkurang... thanks banget udah buat kepo yang bermanfaat .. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bikin Alexa widget dan toolbar-nya, Jhon. Biar makin semangat nge-blog. Lumayan 'kan kalau anjlok jadi semacam peringatan agar lebih rajin menulis. Aku sibuk rebutan netbook dengan anakku yang masih balita jadi menulisnya kala ia bobo, ya jam dini hari gini, dengan risiko nanti siang bakal ngantuk. Mana suami gak di rumah jadi gak ada yang mengawasi sang buah hati.
      Pengennya sih tiap hari rajin menulis dan isi blog. *Malah curcol.

      Hapus
  3. Eh iya gak pernah masang widget atau toolbar alexa, jadi gak pernah ngecek. Haha.. Tapi terakhir ngecek ada di 2 jutaan. Pfftt.. Emang gak jago kalo masalah SEO-SEOan.. Haha.. :D

    Makasih infonya teh.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti juga akan ada potensi blog Kak Erick untuk jadi lahan cari fulus. 'Kan sayang blog dengan tulisan bagus gak dioptimalkan. Bisa bikin paid review atau apa saja. Coba aja, ya. :)

      Hapus
  4. gue barusan ngecek periingkat gue, dan ternyata dapet ranking..... aah malu gue, jauh banget. haha
    Jadi males kalo dipasang pas tau peringkat blog gue anccur -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan malu gitu, dong. Sebagai target agar kita tetap rajin isi blog. Oh ya, dengan pasang widget dan toolbar Alexa sebenarnya akan merampingkan rangking blog kita karena rajin buka blog sendiri plus rajin selancar, maka otomatis nilai kita kian ramping loh. Aku awal mula bikin widget ketahuan dapat 12 juta, lumayan daripada tidak sama sekali. Padahal awal bikin blog di bulan Desember 2013 dan bikin widget bulan Januari atau Februari, lupa. Buka blog sendiri bisa merampingkan Alexa kita, kok. Makanya rugi kalau tak pasang toolbar. 'Kan biasa pakai komputer sendiri. :)

      Hapus
  5. Waduh, paling gak ngerti aku masalah beginian. Semoga ada yang bisa membantu, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teh Indi, bisa ikuti panduannya, loh. sayang kalau blog cantik Teteh gak dikasi perangkat Alexa. Lumayan untuk cari fulus.... ;)

      Hapus
  6. Aku juga gak pernah masang beginian jadi gak memang gak ngerti. Tapi mungkin nanti bisa dicoba.

    BalasHapus
  7. aku juga wira-wiri ngecek alexa..ituuu demiii blogkuuuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, Mak Astin. Agar bisa jadi MOMpreneur yang sukses, hehe. Kian semangat berblog ria, ya, Mak. ;)

      Hapus
  8. Makasih cara-caranya.

    Gue masih belum begitu ngerti tentang ini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan diedit dengan bantuan tambahan screenshot lagi. Kemarin terpaksa unistall dan install ulang peramban Firefox lagi karena mengalami kerusakan mulu. Jadi semoga dengan tambahan gambar bisa memperjelas. :)

      Hapus
  9. Hi kakak:D Maaf nih baru mampir kesini hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rosiy, makasih sudah mampir. Peringkat Alexa blogmu bagus dan lebih ramping daripadaku, huhu....
      *Ketahuan berapa saja berkat pasang toolbar Alexa di peramban Firefox-ku.

      Hapus
  10. Saya termasuk yang perhatian sama si alexa soalnya blognya buat cari duit juga sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menyimak tutorial Mak Ika di group BAW. Sepakat, Mak. Pengen cari duit juga agar bisa mandiri. (Bercita-cita jadi MOMpreneur mengikuti jejak Mak Ika, hehe.)

      Hapus
  11. nggak begitu perduli dengan ginian sih,,yang penting nulis dulu yang bener,,,,yang giat..perhatiin EYD biar jadi penulis...dan lain sebagainya...alexa kek gini nggak boleh jadi tujuan penulis...ya..begitu sih menurutku...

    sekali lagi..menurutku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya juga aku gak peduli, tapi setelah tahu jadi kepengen berbuat lebih dari sekadar menulis baik dan sesuai EYD. Menulis untuk profesi, dan blog bisa menunjang hal tersebut. Lalu aku juga cari info mengenai blogger sukses kayak apa. Yah, coba meniti karier.
      Gak apa, kok, kita 'kan punya tujuan masing-masing. Yang penting tetap menulis dan semangat. Peace. ;)

      Hapus
  12. Percaya ga mbaa dulu Alexa saya dua jutaan trus saya posting artikel secara teratur alhamdullilah bisa turun di bawah satu juta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, jejak Mak Christanty harus diikuti, nih, dengan rajin posting secara teratur. Sulitnya sebagai emak rempong yang sering rebutan netbook dengan anak, saya harus ambil waktu kala anak sibuk main atau bobo. Maklum Pal suka nonton film dan sudah bisa main game yang gak berat, hoho.

      Hapus
  13. kapan2 aku mau page page rank juga mbak,,makasih ya infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga belum pasang page rank, tadi cek dan 0/10 artinya belum ada peningkatan, hoho. WEAK deteksinya. Ah, ah.

      Hapus
  14. makasih infonya mbaa..malu mo pasang, punyaku 3.5 jutaan hihihi..tapi bagus juga ya buat reminder hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Dewi, dengan pasang toolbar di peramban bisa merampingkan peringkat Alexa kita. Soalnya Alexa menghitung juga berapa banyak kita selancar di dunia maya. Tidak cuma isi blog semata. Bahkan sekadar buka blog Mbak juga termasuk hitungan, loh. Lumayanlah.

      Hapus
  15. Balasan
    1. Sama-sama, Mak. Semoga bisa membantu. Maaf kalau ada yang kurang jelas. :)

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan jejak persahabatan berupa komentar agar bisa menjalin relasi sebagai sesama blogger. Soalnya suka bingung, SILENT READER itu siapa saja, ya? :D