Sabtu, 28 Juni 2014

Hadiah Manis dari Elisabeth Murni






Hadiah Manis dari Elisabeth Murni


SUATU HARI saya baca status di group FB Warung Blogger tentang giveaway (GA) yang diadakan blog Ransel Hitam. Maka segeralah ke sana sebelum tertimbun sekian status dalam group yang terkenal ramai lalu lintasnya (kayak Jalan Limbangan, Garut yang merupakan jalur utama pelintas batas antarkota di bagian Selatan selain Pantura).

Setelah mengeklik tautan http://ranselhitam.wordpress.com/2014/03/15/sayembara-ranselhitam/, saya baca peraturan dan syarat GA-nya mudah. Cuma mencari  hasil tulisan yang disukai dan menyebutkan apa alasannya. Kelihatannya menarik. Blog Ransel Hitam milik Elisabeth Murni (Sash) asal Yogyakarta itu berisi petualangan. Seru banget kisah-kisahnya. Lagian saya butuh rujukan gimana menulis travel itu.

Saya telusuri setiap postingan dan dengan sabar membacanya, sambil meninggalkan jejak berupa komentar. Inilah inti BW alias blogwalking, gak cuma jalan-jalan di blog teman untuk baca tulisan doang, tinggalkan jejak dengan komentar kita agar mengada, hehe.

Ada banyak tulisan bagus berikut foto-foto hasil jepretannya, seru banget kisah petualangan Sash itu. Saya tak merasa rugi bacanya. Malah rada iri karena ia bisa mendaki gunung, arung jeram, menelusuri gua, mendaki tebing, menyusuri pantai, menyeberang ke pulau demi pulau di Indonesia, bahkan masuk konservasi alam. Ah, Sash emang jagoan!

Saya jarang buka blog yang berisi petualangan, kadang mencari kisah travel untuk bahan tulisan, tetapi saya belum tahu ada blog Ransel Hitam kayak yang Sash tuliskan. Ia mengajak saya turut bertualang, menikmati setiap pengalaman dari berbagai panorama yang alam hamparkan, dengan balutan bahasa yang baik dan EYD rapi pula.

Wow, ia kentara menulis travel adventure dalam balutan sastra. Kata-kata puitis dan berat mengalun kerap saya jumpai di sana. Apalagi ia ternyata jadi pemenang di lomba menulis surat untuk Stiletto Book pula. Saya yang kalah harus belajar darinya, dan dengan rendah hati saya tekun menelusuri sampai entah berapa postingan. Sash juga sempat membuat saya ngiler dengan petualangan kulinernya. Jadi pengen makan Gangan Ikan asli Belitong sana! Atau duduk-duduk di kedai kopi sambil menyesap kopi susu di pulau asal Andrea Hirata sang novelis serial Laskar Pelangi! Alangkah indahnya jika bisa jadi backpacker bareng anak dan suami. Ah, saya mengandaikan diri saking hanyutnya dengan kisah petualangan Sash, sang pelintas batas.

Saya tak mengira, dari hasil pembacaan yang entah menghabiskan berapa jam kala itu, malah membuat Sash terkesan dan memilih saya jadi pemenang kedua. Kala baca pengumumannya di http://ranselhitam.wordpress.com/2014/03/15/sayembara-ranselhitam/  saya merinding bercampur senang dan haru. Aduh, Sash, sedemikian perhatiannya membalas apa yang saya lakukan. Padahal saya juga pengen dapat hadiah, hehe. Tapi memang tak merasa rugi untuk terus baca postingannya meski ada yang sulit dicari karena pengaturan tampilan terlalu sederhana.

Demikianlah, dari komen saya, Sash membuat keputusan dengan:




Pemenang Kedua: Rohyati Sofjan

Akhirnya, setelah memjelajah beberapa postingan, maaf gak sampai semuanya, tapi sempat meninggalkan jejak berupa sekian komen. Aku suka yang ini http://ranselhitam.wordpress.com/2013/10/28/cerita-pagi-di-warung-kopi-kong-djie-belitong/. Ada efek penasaran akan Belitong karena Andrea Hirata. Jadi aku senang Sash berbagi kisah mengenai ini. Sayang kisahannya dikit, bikin aku penasaran untuk lanjutin. Masih banyak tempat di Belitong yang belum dijelajah. Memang sudah kubaca tentang Pulau Kepayang, Tanjung Pendam, mencari Kijing, sampai Dita cinta pertamamu. :) Aku penasaran dengan Padang Bulan. Ah, Sash, maafkan aku yang rewel dan banyak maunya, hehe.

Aku suka kisah warung kopi. Penasaran pengen mencicip kopi susu ala warkop Belitong. Biasanya aku suka kopi yang ada rasa mokanya. Di sana ada gak?

Hem, sulit diungkapkan dengan kata-kata mengenai isi blogmu, tapi aku kagum banget pada penjelajahan sampai reportasemu yang membuatku ikut larut seolah berada di sana. Padahal aku mulai mengantuk dan sedang menulis untuk lomba blog. Gak jadi-jadi tulisanku dari kemarin, malah menjelajah blogmu, hehe. Aku ikut lomba blog #MyDreamVacation Mak Indah Nuria Savitri. Tapi malah gak kelar-kelar. googling sambil baca ini. Sash ikutan?

Saranku, ke depan aku pengen bacaan tentang penjelajahanmu yang lebih detail. Dan jujur saja tampilan blog ini terlalu sederhana. :( Ada rasa sulit mencari arsip lama kalau tidak dengan cara mencari kategori dan tanggal. Sayang tuh timbunan karya lama yang bagus bisa sulit dicari. Seperti tentang kereta. Aku juga suka itu. Sudah kutinggalkan komenku di sana dan tinggal menunggu moderasimu.
Salam kenal, Sash.

Kita memang ibarat pejalan dalam kereta.
Selamat ulang tahun untuk blogmu, semoga panjang umur dan rajin diperbaharui.
Salam hangat dan celepok. ;)
~ Run ~


“Komennya Mbak Rohyati ini panjang dan dengan setia beliau menyisir satu persatu artikel lawasku kemudian meninggalkan banyak jejak. Terimakasih sudah mau berlama-lama di rumah ini mbak. Sebagai ucapan terimakasih maka saya membarikan buku Pre Wedding Rush karya Okke Sepatu Merah, postcard RanselHitam, serta goodie bag buatan saya sendiri yeiiiiiy.”


Siapa yang tidak merinding dan terharu, coba. Makasih banyak, Sash. Semoga kian rajin menuliskan petualangan dari setiap penjelajahan yang kamu lakukan. Sendirian atau bersama teman, atau bersama sang suami yang baru dinikahi; Mas pendampingmu untuk #BersamaMenujuSelamanya.

Selamat menempuh hidup baru, semoga kalian bisa menempuh perjalanan panjang dalam kebersamaan dengan balutan cinta dan kasih sayang  yang tak lekang.

Terima kasih banyak atas hadiah yang sangat mengesankan. Menjadi kenangan akan pertemanan kita di dunia maya sebagai sesama blogger…. 
Salam!***

Limbangan, Garut, 28 Juni 2014
Sekarang blog Sash boyongan ke:
www.ranselhitam.com

 


Foto hasil jepretan Ai dengan kamera HP Samsung milik mamahnya
#Giveaway   #Hadiah   #RanselHitam   #ElisabethMurni

29 komentar:

  1. uwaaa..keren,selamat ya mbk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, makasih, Mak Hanna. Sampai sekarang masih merinding kalau baca ulang ini, hehe. Semoga Sash pun baca dan suka.Sekarang blog barunya di http://www.ranselhitam.com.

      Hapus
  2. Wah...selamat ya Mbah sdh menang GA... Barokah dari ngeblog memang manis ta Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mak Rita. Padahal dulu niat awal saya ngeblog bukan GA, malah gak tahu itu apaan, hihi. Cari berkah dengan menulis. Ternyata manis juga. Alhamdulillah. :)

      Hapus
  3. wahhh..slamat yah mak..keren abizz:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mak Erlina. Kalau kita suka, maka akan terasa bermakna. :)

      Hapus
  4. Hmm, selamat ya kak atas pencapaiannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Jhon. Semoga selalu sehat sekarang, ya. :)

      Hapus
  5. Waahhh Congrattss ya mbaakkkk... hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Cantik. Semoga dikau sekarang bisa rajin ngeblog dengan gabung di group blogger di FB. :)

      Hapus
  6. selamat ya kak, dapet give away dari kak sash. aku jadi mau kepoin blog kak sash, dengan petualangan ceritanya :D Dulu pengen banget buat blog adventure kayak gitu, tapi namanya masih anak sekolah mau pergi-pergi jadi susah dan belum punya uang sendiri, mungkin nanti kalo udah punya uang sendiri bisa jalan2 seru kayak ka sash :D dan tentunya nikmatin kulinernya juga hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, blog Sash seru banget. Petualangannya bukan main-main. Baca kisahnya bikin aku rada gimana karena gak pernah kesampaian jadi pendaki gunung.
      Iya, nanti moga Sulis bisa travel seru jika sudah mapan dan dewasa. Jangan kuatir, insya Allah akan ada kesempatan untuk itu selama kita niat dan ikhtiar. Aamiin.

      Hapus
  7. Selamat ya kak hehe, GA hunter nih ceritanya....

    BalasHapus
  8. selamat yaa kak :)
    gimana gak merinding dan terharu tuh dikomenin panjang2 :D eh celepok itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Rizal. Celepok artinya bunyi sun, hehe, bahasa gaul kaum perempuan masa kini. Awalnya juga saya gak tahu.

      Hapus
  9. wah juara 2 yah, selamat yah mbak. salam kenal :)

    BalasHapus
  10. wah..wah...dapat hadiah buku...semoha enggak dibiarkan tanpa terbaca,,
    kalau enggak terbaca mending dikasihkan orang #siap menerima...


    selamat yak..udah dapat juara 2,,nanti naik lagi,,jadi juara 3,,eh, maksudnya juara 1,,amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, bukunya dibaca kok. Malah bisa dipinjemin ke anak teman.
      Makasih, Moti. aamiin semoga ada peningkatan lumayan, hehe. Juara berapa pun tak masalah, yang penting bisa menang.

      Hapus
  11. Selamat, selamat, selamat ya mbaak..

    BalasHapus
  12. pantesan menang, komentarnya panjang, padat, berisi, berkelas pula
    nggak nyangka, padahal udah ibuk2 yah ? wkwkw
    haha, bagus tuh tasnya, selamet mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emak gaul soalnya, meski cuma bisa bergaul di dumay saja. ;)
      Makasih, Wil.

      Hapus
  13. Wah, ini waw banget. Yang ikut lomba sama yang ngadain lomba sih hampir setali tiga uang yak, sama-sama jago nulis. Tapi aku sering lihat ga-ga semacam ini, dan yang mendapatkan hadiah, kebanyakan yang komentarnya panjang-panjang dan total ikutan ga-nya, kayaknya Mak Roh tahu banyak soal ini :P hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, Huda juga jago nulis. Jadi siapa yang setali tiga uang. :p

      Hapus
  14. Waaaaa, mbaaak aku baru tau kalo mbak sampe bikin tulisan khusus buat GA aku. Hiks aku juga jadi terharu. Terimakasih banyak ya sudah sering mampir dan ninggalin komen di lapak mesti saya jarang berkunjung balik hehehe.

    Saat ini sedang menyesuasikan ritme hidup yang berbeda dari dulu nih, akhirnya berimbas ke jarang ngeblog. Semoga bisa segera nulis lagi hehe #malahcurhat

    Sekali lagi terimakasih ya Mbak *sunsayangdarijogja hihihihi

    BalasHapus
  15. Memang kadang hadiah giveaway tuh bukan benda yg harganya seberapa, tapi kalau menang, rasa bangganya itu tetap sangat manis ya...

    Btw di blog saya juga ada giveaway, mungkin Mbak mau ikutan =)

    BalasHapus
  16. Iya, ada kesan mendalam jika menang. Kalau kalah sekadar penambah pengalaman dan bahan untuk isi blog.
    Makasih undangannya, moga bisa dan tak terlewat. Harus pinjam HP teman untuk narsis, soalnya. Ah, andai aplikasi webcam bawaan netbook ini tak hilang. :(

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan jejak persahabatan berupa komentar agar bisa menjalin relasi sebagai sesama blogger. Soalnya suka bingung, SILENT READER itu siapa saja, ya? :D