Senin, 11 Juni 2018

Eksternal Keyboard sebagai Jalan Keluar Kala Papan Pengetik Rusak



KETIKA Palung menyiram netbook Acer Aspire One Pro yang tengah menyala dengan segeas air minum; tidak hanya komputer yang rusak sehingga makan biaya perbaikan mahal akibat korslet, beberapa tombol pengetik pun tak berfungsi. Kala itu usianya baru 3 tahun dan belum mengerti.
Karena servis papan pengetik mahal, makan 300 ribuan, maka beli eksternal keyboard sebagai jalan keluar. Harganya murah, merek Votre cuma
50 ribuan. Belinya di toko servis komputer, Opick NPC 100 meter dekat Pasar Balubur Limbangan. Sebagai orang kampung pilih yang dekat saja, di kota kecamatan.
Ternyata papan ketik luar ini banyak manfaatnya, saya bisa mengetik cepat tanpa ragu akan merusak netbook, dulu mah mengetik di netbook harus hati-hati dan sentakannya jangan keras. Selain itu, saya bisa menjauhkan layar netbook dari mata kala mengetik agar tak silindris. Dan Palung jika main gim beroleh kemudahan dengan adanya perbedaan warna pada tombol. Tombol W, A, S, D dan tanda panah atas-bawah-kiri-kanan berwarna merah.
Sampai sekarang saya belum sanggup perbaiki internal keyboard netbook karena masalah sediaan dana. Namun syukurnya di pasaran ada jalan keluar yang mudah bagi orang kurang mampu macam saya. Repotnya jika saya harus nongkrong di WIFI Corner kecamatan, mesti bawa papan pengetik ini jadi berkesan angkaribung, hehe.
Jadi, jika ada yang bermasalah dengan papan pengetik komputernya sedang dana belum ada, mungkin beli eksternal keyboard bisa sebagai solusi. Kisaran harga bisa 50 ribu sampai di atasnya bergantung speksifikasi.
Namun ada baiknya, sebagai jaga-jaga, jika punya netbook atau laptop, sebaiknya dilindungi dengan plastik transparan tambahan untuk pelindung papan ketik, sekaligus penjaga dari rembesan air yang bisa jadi tak sengaja terciprat mengenai komputer.
Sudah ada 2 anak dari teman dan sepupu yang pengetiknya bermasalah akibat tak sengaja kena air karena tak pakai pelindung.
Hem, kalau saya ada rezeki dan bisa beli netbook atau laptop baru, akan lengkapi itu dengan pelindung keyboard untuk jaga-jaga. (Padahal netbook yang ini belum pakai pelindung karena belum ada kesempatan untuk ke toko NPC lagi, hehe….)
#Cipeujeuh, 3 Maret 2018
#Tekno #Komputer
 


2 komentar:

  1. ane lebih nyaman, pake internal keyboard. Karena, gak ngabisin space. Gitu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sih. Pengennya juga perbaiki netbook. namu rasanya nyaman pakai eksternal keyboard karena bisa atur jarak agar lebih menjauh dari komputer.
      Moga ada rezeki agar bisa punya laptop baru. Sebenarnya tak nyaman juga pakai ekternal keyboard jika harus bawa komputer keluar. :)

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan jejak persahabatan berupa komentar agar bisa menjalin relasi sebagai sesama blogger. Soalnya suka bingung, SILENT READER itu siapa saja, ya? :D