HOME/RUMAH

Selasa, 23 Januari 2018

Juring

Oleh Rohyati Sofjan


DALAM matematika  juring adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jari lingkaran tersebut. Seperti busur dan tembereng, juring juga dibagi menjadi 2, yaitu juring kecil dan juring besar. Pada umumnya, istilah dalam buku hanya juring saja. Ini berarti yang dimaksud adalah juring kecil. (https://dunia-matematika.blogspot.com/2010/03/pengertian-dan-unsur-unsur-lingkaran.html)
KBBI menyederhanakan menjadi [nomina/kata benda] ulas; pangsa. Ulas adalah bagian buah-buahan (jeruk, durian, dsb) yang berbentuk ruang atau petak-petak (mudah dilepas atau dibuka dari bulatan buahnya).
Pangsa adalah [1] petak-petak dalam buah-buahan (seperti dalam buah durian); [2] bagian; jatah; jumlah banyaknya sesuatu; [3] garis-garis pada tapak tangan; [4] urat pada batu pualam.
Dalam keseharian, jika kita akan menyebut potongan buah dari jeruk, misalnya, maka disebut juring. Buah apa pun yang berbentuk bulat jika bagian dalamnya akan kita ambil maka merupakan juring dari keseluruhan buah. Sesuai ilmu matematika tentang lingkaran seperti yang telah disebutkan di atas.
Akan tetapi, tidak hanya buah saja yang potongannya beroleh sebutan juring. Bagaimana dengan makanan? Kue bolu yang dimasak (dipanggang atau dikukus) dalam loyang bundar kalau dipotong-potong maka akan berbentuk irisan persegi. Begitu pun dengan martabak, pizza, puding, bahkan telur dadar yang dipotong-potong. Namun sangat jarang kita menyebut potongan tersebut sebagai juring. Lebih sering irisan atau potongan.
Seloyang pizza sebenarnya mengikuti kaidah matematika. Namun sangat jarang kita menyadarinya. Jika dipotong-potong dalam beberapa bagian, maka bisa menghasilkan 12 juring atau bergantung selera potongan yang diinginkan besar-kecilnya.
Menerapkan bahasa matematika dalam keseharian bukanlah hal rumit, itu bisa membantu pembayangan dalam logika berpikir kita secara lebih jelas dan gamblang. Dengan kata lain, kita tahu ada kata untuk mengungkapkan suatu bagian benda. Tidak hanya khusus untuk bidang tertentu semata.
Pernah ada majalah yang salah menulis bagian dari potongan buah manggis yang seharusnya satu atau beberapa juring menjadi “sesisir”. Yang jelas manggis bulat bentuknya, tidak bertandan seperti gugus pisang. Di sinilah terungkap ketidakakraban suatu kata tertentu bagi pelaku kebahasaan yang bingung sehingga ikut membingungkan orang.***
#Cipeujeuh, 9 Februari 2014

~Gambar hasil paint sendiri~
#Juring #ArtiJuring #IstilahMatematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan jejak persahabatan berupa komentar agar bisa menjalin relasi sebagai sesama blogger. Soalnya suka bingung, SILENT READER itu siapa saja, ya? :D