HOME/RUMAH

Jumat, 21 Maret 2014

Kasih Makan Nasi Padang




Polah

Kasih Makan Nasi Padang

Oleh Rohyati Sofjan


            Orang Indonesia di mata bangsa lain barangkali dianggap berkarakter aneh. Salah satu contoh keanehan tersebut dialami kawan saya di tempat kerjanya, suatu perusahaan elektronik patungan PMA Jepang. Malam itu ia sedang jengkel, stres dan lelah. Tenggat pekerjaan membuatnya harus lembur sampai larut malam. Dan pada saat itu bosnya yang berkebangsaan Jepang dengan panik bertanya apa yang harus dilakukan pada anak buah mereka di bagian produksi karena menolak lembur sampai pagi, sebab situasinya agak ricuh dengan “demo” mereka.

Diberondongi pertanyaan demikian, kawan saya yang sebentar lagi ingin segera pulang, dengan jengkel dan tanpa pikir panjang bilang, “Kasih makan nasi padang saja!” Suatu kalimat yang ia sendiri tidak tahu mengapa harus dilontarkan dan membuatnya heran.

Bosnya tercengang. Lucunya, barangkali karena panik, sang bos menuruti saran kawan saya dan segera mengumumkan bahwa karyawan di bagian produksi akan diberi makan nasi padang jika bersedia kerja lembur. Pengumuman tersebut disambut dengan ketercengangan para karyawan. Anehnya, “huru-hara” para pendemo berhenti. Mereka langsung diam dan bersedia kerja lembur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan jejak persahabatan berupa komentar agar bisa menjalin relasi sebagai sesama blogger. Soalnya suka bingung, SILENT READER itu siapa saja, ya? :D