Sabtu, 01 Februari 2014

Sekadar Bercerita



Assalamualikum,
            Apa kabar hari-hari Anda?
            Maaf jika saya menunda pertanyaan soal jurnalisme. Ada hal urgent yang mesti saya prioritaskan. Membantu Chie (mahasiswi bahasa Prancis UPI) mengedit skripsinya. Cuma dalam gramatika dan cara pengetikan, berikut sedikit isi. Sebagai hasil akhir.Lumayan kelenger juga. Soalnya saya tak punya pengalaman apa-apa mengenai skripsi. Ya, setidaknya bisa tahu bagaimana plus mempererat ukhuwah kami.
            Jadi sadar, nih. Jadi editor itu pasti suka “gregetan”, ya? 
          Ada banyak kejadian, sekadar laporan selayang pandang , sejak tanggal 9 Januari kemarin kami ke Gegerkalong, menginap di tempat kos kawan Chie. Soalnya saya harus mengambil/men-copy naskah skripsinya di hard disk rental langganan. Ia tak begitu mahir dalam komputer sementara saya cuma bisa mengetik doang dan tahu sedikit soal transfer data.
            Jadi begitulah, Jumat malam itu kami gentayangan. Menyambangi Gedung Pentagon, keliling kompleks UPI yang luas dan sepi, makan malam dengan menu nasi goreng di kedai depan masjid DT, salat isya di sana, ke rental, lalu ke kamar kos kawannya -- yang sedang menginap di rumah saudara -- untuk menyimpan barang kami, ke warnet untuk minta bantuan Abda atau kawannya untuk mengedit resume karena dosen Chie bilang harus direvisi native b. Prancis sebab ada masalah dengan gramatikanya, pulangnya sempat beli susu Bandung Utara yang panas (ini pengalaman baru saya). Lantas bobo. Cuaca cerah.
            Esok paginya, saya baru tahu kalau daerah Sukajadi sampai Kiaracondong diguyur hujan semalam. Alhamdulillah, Allah memudahkan urusan kami.
            Tolong doakan ya, semoga Chie bisa berhasil dalam studinya. Setidaknya lulus sidang setelah skripsinya selesai. Amin.  Sebab kami sempat pontang-panting karena jarak yang berjauhan (ia tinggal di Kopo) dan cuma bisa dibantu internet serta SMS hasil pinjaman kawan saya.
            Saya sudah membuka surel dari moderator guyubbahasa tgl. 9 kemarin. Memasuki link-nya sesuai prosedur. Sempat membaca 4 halaman surel yang ada kemudian membuka halaman lama. Ada banyak sekali. Cuma sekadar melihat. Begitu pun lusanya kala memeriksa mailbox apakah ada jawaban dari Abda. Namun mengapa kala saya membukanya pada tgl. 18 ada surel dari milis yang masuk dalam mailbox, 12/13 surel.
            Sebenarnya saya bingung karena berpikir milisnya akan terpisah sehingga tak memenuhi inbox.
            Rasanya frekuensi ke warnet harus dikurangi. Ada banyak proyek pribadi yang terbengkalai. Sejak  November sampai bulan ini frekuensi saya rada gila-gilaan. November sengaja aktif kirim tulisan agar Desembernya bisa agak santai. Eh, Desember malah kelimpungan dengan naskah gagal kirim. Terus terang saja Januari ini saya cuma bisa dua kali kirim naskah karena fokusnya pada skripsi Chie.
            So, jika saya ke warnet cuma sebulan dua atau tiga kali, apakah akan memengaruhi mailbox karena tak sempat dibaca, di-copy, kemudian di-thrash (baik merespons maupun tidak)?
            Takut over quota lagi, euy.
            Di Internid, saya baca soal daily digest sementara milis yang saya ikuti ini bersifat individual mail.
            Sebenarnya tak masalah karena masih punya alamat lain. Cuma ingin tahu saja sebab masih awam. Tetapi dengan individual saya bisa ikutan dan masih aktual, ‘kan?
            Kang Erwan punya masalah, alamat surelnya di yahoo dan hotmail “hancur”, dijadikan milis orang asing. Saya tak tahu apa sebabnya. Apakah disabotase atau semata kelengahan Kang Erwan yang tak sign out sehingga alamatnya disalahgunakan orang usil. Chie saja menerima kiriman surel dari Kang Erwan. Isinya attachment pick Osama bin Laden exe. Waktu kami coba download, komputer bilang berisi virus, jadi kami hapus saja. Kasihan Kang Erwan jika ia tahu, sebab barangkali tak merasa pernah kirim.
            Saya tak paham cara kerja virus. Bagaimana makhluk itu bisa ada dan harus tercipta. Lantas berbiak sedemikian rupa. Merusak komputer orang. Disket saya sendiri terinfeksi virus ~temp45, my love, my heart, dan NQH_Kiss_You. Semacam lovebugs. Sebagai application yang tidak bisa dibuka namun memakan file dan mengubahnya (rename) sesuai nama virus. Jika dihapus, akan berkelit dan memakan file lain. Benar-benar canggih dan menyebalkan. Saya telah kehilangan beberapa naskah karenanya. Sampai sekarang terpaksa dibiarkan sebab operator rental menyarankan itu. Ia pun tak tahu bagaimana cara mengatasinya, seluruh komputer telah terinfeksi virus itu. Saya tak tahu apakah penyebarnya dari disket yang pernah dipakai di warnet. Padahal saya merasa sudah berhati-hati dan tak men-download dalam bentuk folder secara bulat-bulat. Paling dipindah ke words lalu di-save.
            Maukah Anda bercerita sedikit soal dunia virus? Sepanjang yang Anda tahu dan pengalaman sendiri. Sekadar menambah referensi dari apa yang pernah saya baca. Terima kasih banyak.
            Wassalam.

Ä     Matahari kemarin dengan matahari besok masih sama, Anda puitis juga. Masalahnya saya tak pernah baca karya Anda dalam bentuk puisi sampai cerpen. Jangan bilang tak bisa menulisnya. 
Ä     Bagaimana Anda bisa “tercebur” ke dalam dunia menulis?
Ä     Tgl. 24 Januari besok, ada acara di CCF. Anda akan hadir juga?
Ä     Maaf saya tak bisa datang ke Semarang. Sebenarnya jika FBMM bikin acara di Bandung, saya tak tahu apakah akan bisa menghadirinya. Aktivitas saya rasanya tak memungkinkan jika siang hari, karena kami bekerja dalam suatu tim dan sering tak jelas apakah akan sibuk atau senggang. Sekarang bos sedang berusaha mendisiplinkan cabang agar rajin belanja dan setoran karena ada yang membelot dan ogah-ogahan menyetor. Toko kami semacam usaha bersama antara beberapa pengelola cabang.
Ä     Maaf jika saat ini saya cuma bisa jadi penyimak, sebab masalah komunikasi kadang membuat ciut untuk berinteraksi secara langsung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan jejak persahabatan berupa komentar agar bisa menjalin relasi sebagai sesama blogger. Soalnya suka bingung, SILENT READER itu siapa saja, ya? :D